JAKARTA WEATHER

INDONESIAN NANTIONAL ANTHEM

INDONESIAN NANTIONAL ANTHEM
Indonesia Raya

anggota ASEAN

anggota ASEAN
association of southeast asian nations

-

Jakarta

WELCOME TO THIS SITE

this is a site which tells you about Basic Indonesian Culture and Habits
Copyright Herafi Zaskia
Penulisan tanpa gambar :
ISBN : 978-979-3541-16-7

Saturday, May 29, 2010

9. MINUMAN BANGSA INDONESIA

Walaupun setiap suku dan daerah mempunyai minuman khas tersendiri, namun air, kopi dan teh merupakan minuman bangsa Indonesia yang utama disamping minuman tradisional kegemaran setiap suku bangsa.
Oleh sebab itu teh dan kopi merupakan minuman yang ditawarkan ketika bertamu (jaman dahulu susu pun merupakan tawaran utama jamuan, karena leluhur kita juga mempunyai ternak kambing atau sapi perah di halamannya).

Bangsa Indonesia minum teh dan kopi dalam keadaan panas, kecuali yang menggemari teh dingin, maka diberi es.
Bangsa Indonesia menggemari minuman yang diberi es, karena negaranya panas dan lembab, sementara bangsa Eropa lebih senang minumannya dingin, tapi tanpa es.

Pada kesempatan apa bangsa Indonesia minum teh dan kopi?
  • Bangsa Indonesia minum teh dan kopi kapan saja mereka mau, tidak ada batasan bagi mereka untuk menikmati minuman-minuman tersebut. Dalam jamuan, dihidangkan ketika bertamu, sore hari ketika santai atau bangun tidur pagi atau sore, dan ketika bekerja.
  • Bangsa Indonesia minum teh dan kopi dengan gula atau tawar, dan umumnya diminum selagi panas.
  • Bangsa Indonesia minum teh panas atau dingin setelah makan, namun sebagian besar lagi minum air biasa.
  • Bangsa Indonesia juga mempunyai minuman khas daerah dan suku bangsa masing-masing, seperti Brem Bali, Angsle dan Ronde Jawa Timur, Bajigur dan Bandrek Jawa Barat dan lainnya.
Bagaimana bangsa Indonesia membuat / minum teh dan kopi?
  • Bangsa Indonesia minum teh dan kopi dengan sebelumnya memasukkan teh atau kopinya ke dalam air yang direbus mendidih, atau mendidihkan dulu air dan menuangkannya ke bubuk kopi atau daun teh yang sudah ada dalam gelas atau cangkir.
  • Bangsa Indonesia minum teh dari daun teh, jarang dari rasa yang lain seperti bangsa Barat yang minum teh buah strawberry, blackberry yang bukan dari daun teh.
  • Bangsa Indonesia memberi aroma tehnya dengan rasa jeruk dan  bunga melati dan seruni dicampurkan pada tehnya.
  • Bangsa Indonesia umumnya minum teh dan kopi dengan gula (gula tebu atau merah), namun di Jawa Barat, teh diminum tanpa gula. Jadi untuk menyuguhkan teh atau kopi, sebaiknya kita bertanya dahulu apakah mereka berkenan memakai gula atau tidak.
  • Bangsa Indonesia minum teh dengan cara biasa, tidak perlu didahului dengan ritual yang dilakukan bangsa Jepang atau Inggris.
  • Bangsa Indonesia minum teh bisa di cangkir atau di gelas yang diberi piring kecil, terserah mereka maunya dimana. Tapi untuk  tamu, biasanya teh dan kopi disuguhkan di cangkir.

No comments:

Post a Comment