JAKARTA WEATHER

INDONESIAN NANTIONAL ANTHEM

INDONESIAN NANTIONAL ANTHEM
Indonesia Raya

anggota ASEAN

anggota ASEAN
association of southeast asian nations

-

Jakarta

WELCOME TO THIS SITE

this is a site which tells you about Basic Indonesian Culture and Habits
Copyright Herafi Zaskia
Penulisan tanpa gambar :
ISBN : 978-979-3541-16-7

Saturday, May 29, 2010

8. MAKANAN POKOK BANGSA INDONESIA

Makanan pokok sebagian besar bangsa Indonesia sama dengan makanan pokok bangsa Asia Tenggara lainnya, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, Vietnam, India, Thailand, Jepang dan India, yaitu NASI.
Tentu ada sebagian lagi suku bangsa Indonesia yang makanan pokoknya Sagu, Jagung dan umbi-umbian tergantung dari letak geografisnya masing-masing.

Bagaimana bangsa Indonesia memasak beras menjadi nasi?
  • Seluruh bangsa Indonesia memasak nasi dengan beberapa cara yang ada di Indonesia, yaitu ditanak, diliwet, dilontong, diketupat , di tim, dicampur santan dan dibubur. Namun umumnya ditanak, yaitu beras direbus dahulu setengah matang, kemudian diuapkan sehingga matang di penanak nasi. Jaman sekarang, sebagian besar melakukan menanak nasi dengan alat listerik modern yang diciptakan oleh bangsa Jepang, yang disebut rice-cooker.
Dengan lauk apa bangsa Indonesia ketika makan dengan nasi?
  • Bangsa Indonesia makan nasi dengan lauk-pauk kesukaan pribadi dan kesukaan daerah masing-masing. Tidak ada larangan atau aturan lauk pauk apa yang dimakan dengan nasi.
  • Bangsa Indonesia umumnya makan nasi dengan sayur mayur, apakah itu matang atau mentah, berkuah , digoreng atau dikukus (uap).
  • Bangsa Indonesia makan nasi dengan daging dan ikan yang dimasak sesuai dengan kegemaran suku bangsa masing-masing
  • Bangsa Indonesia makan nasi juga dengan sambal-sambalan yang pedas, sambal terasi atau sambal bajak (sambal yang digoreng agar tetap awet dan tidak basi disimpan berhari-hari), juga sambal-sambalan lain yang ada di daerah masing-masing.
Dengan cara apa bangsa Indonesia memakan nasi dan lauk pauknya?
  • Bangsa Indonesia, seperti bangsa Asia Tenggara lainnya, dulu tidak pernah mengenal sendok dan garpu. Peralatan makan tersebut berasal dari bangsa Barat.
  • Saat ini, sebagian bangsa Indonesia makan dengan sendok dan garpu (tidak dengan garpu dan pisau seperti bangsa Barat), namun bangsa Indonesia umumnya tetap menggunakan ujung-ujung jari untuk makan, mereka sangat luwes dan pandai melakukannya karena memang dengan cara itu leluhur bangsa ini sejak dahulu makan.
Adakah suatu urutan makan bagi bangsa Indonesia?
  • Nasi dan lauk-pauknya dikeluarkan secara bersama-sama. Ketika telah mengambil nasi sebagai makanan pokok, masing-masing boleh memilih lauk mana yang diambil dan dimakan lebih dahulu tidak seperti bangsa Barat.
  • Bangsa Barat yang mendahulukan sup/makanan kecil lainnya sebagai makanan pembuka (appetizer), kemudian makanan utama (main dishes) dan diakhiri dengan makanan manis pencuci mulut (dessert) berupa es krim, kue manis, coklat atau buah yang diberi krim.
  • Bangsa Indonesia makan sup dengan nasi seperti makan gulai berkuah  lainnya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment