JAKARTA WEATHER

INDONESIAN NANTIONAL ANTHEM

INDONESIAN NANTIONAL ANTHEM
Indonesia Raya

anggota ASEAN

anggota ASEAN
association of southeast asian nations

-

Jakarta

WELCOME TO THIS SITE

this is a site which tells you about Basic Indonesian Culture and Habits
Copyright Herafi Zaskia
Penulisan tanpa gambar :
ISBN : 978-979-3541-16-7

Thursday, May 20, 2010

18. MENYANYI dan BERSIUL BAGI BANGSA INDONESIA

Bangsa indonesia dalah bangsa yang ceria. Dalam keadaan apapun juga mereka mudah untuk bersenandung, bersiul dan bercanda-canda kecil.
 Mereka bisa bernyanyi kecil sambil bekerja, mandi, mengemudikan mobil atau sedang santai jalan kaki di pertokoan.

Bersiul adalah mengeluarkan bunyi bernada teratur dari mulut melalui bibir. Sangat mudah mengenali apakah dia gembira atau sedih hanya dengan melihat atau mendengar dia bersiul dan bernyanyi kecil.
Orang akan senang mendengar temannya senang hati hanya ditandai dengan dia bersiul atau bersenandung.
Kegembiraan bangsa Indonesia ini adalah cerminan dari bangsa yang mudah mensyukuri dan siap menerima keadaan apapun yang akan dan sedang terjadi.

Di beberapa daerah di Indonesia dan beberapa negara lain, bersiul dianggap atau ditahayulkan  tidak baik bila dilakukan (pamali kata orang Sunda dan gak ilok kata orang Jawa), atau juga dianggap mengundang keadaan buruk dalam keluarga. Mereka menganggap bersiul adalah mendoakan salah satu anggota keluarga meninggal dan memanggil ruh jahat. Apakah keadaan itu benar?
  • Bagi sebagian suku bangsa Indonesia dan beberapa bangsa lain, bersiul memang pamali dan tidak akan dilakukan.
  • Bagi sebagian suku dan bangsa lain, bersiul adalah suatu pertanda, bahwa seseorang itu dalam keadaan gembira, bahagia atau usaha menceriakan hati dalam rangka melupakan masalah. Tentunya mereka akan merasa kehilangan rasa ceria bila mereka harus menahan diri untuk tidak bersenandung atau bersiul.
Apakah bersiul atau bersenandung itu tidak mengganggu orang lain?
  • Tentu bersiul atau bersenandng akan mengganggu orang lain bila mereka menganggapnya pamali atau bila siulan dan lagu yang dia senandungkan tidak tepat waktu, atau terlalu keras dan terus menerus.
  • Bersenandung dan bersiul tidak akan mengganggu orang lain dan malah dianggap menyehatkan perasaan seseorang bila kelompok manusia sekitarnya mempunyai kebiasaan yang sama dan dapat diterima dalam keadaan apapun juga.

No comments:

Post a Comment