JAKARTA WEATHER

INDONESIAN NANTIONAL ANTHEM

INDONESIAN NANTIONAL ANTHEM
Indonesia Raya

anggota ASEAN

anggota ASEAN
association of southeast asian nations

-

Jakarta

WELCOME TO THIS SITE

this is a site which tells you about Basic Indonesian Culture and Habits
Copyright Herafi Zaskia
Penulisan tanpa gambar :
ISBN : 978-979-3541-16-7

Thursday, May 20, 2010

19. MEROKOK dan MENGUNYAH SIRIH BAGI BANGSA INDONESIA

Merokok adalah kebiasaan sehari-hari sebagian bangsa Indonesia. Juga sebagian bangsa Indonesia dari daerah tertentu menikmati sirih berpinang yang dikunyah dan menjadikan mulut dan bibir berwarna merah.
Mengunyah sirih ini sama nikmatnya seperti menghisap rokok, karena selama mengunyahnya berkali-kali, maka nikmat rasa sirihnya menyenangkan seperti merokok, dan untuk membersihkan dari warna merah campuran sirih dan pinang, mereka memakai susur, yaitu irisan tembakau yang halus yang dikusustkan. Dalam mengunyah sirih, mereka tidak pernah menelan kunyahannya, melainkan meludahkan airnya dan membuang ampasnya.

Mengunyah sirih saat ini jarang dilakukan di kota-kota besar, namun masih dilakukan oleh kaum tua di daerah terpencil. Mengunyah sirih kebanyakan dilakukan oleh wanita, walaupun demikian tidak jarang laki-laki juga melakukannya.

Kapan saja bangsa Indonesia merokok?
  • Kapan saja mereka ingin terutama jika kedinginan, sehabis makan, ketika merasa mengantuk, ketika tertekan dan suntuk karena persoalan pribadi, ketika bersama teman-teman sepergaulannya, dan ketika bekerja. Hal yang terakhir saat ini tidak disetujui, karena teman sejawat dalam satu ruangan terganggu dan menyebabkan tidak sehat bagi yang tidak merokok.
Rokok apa yang menjadi ciri khas rokok Indonesia?
  • Rokok Keretek, yaitu rokok tembakau yang dicampur dengan cengkeh dan asapnya berbau khas. Disebut "Keretek", karena ketika rokok itu menyala dan dihisap, maka akan berbunyi "kretek...kretek" suara terbakarnya tembakau.
  • Rokok Linting, yaitu rokok yang dipilin (dilinting) sendiri dengan kertas rokok atau daun jagung kering  (klobot)yang di dalamnya terdapat tembakau. Rokok pilin dengan daun jagung ini juga dinamakan rokok Klobot.
  • Rokok Klembak, rokok linting yang bila dibakar berbau kemenyan.
Bagaimana sebaiknya merokok di tempat umum di Indonesia?
  •  Sebaiknya tidak di ruangan, apalagi yang tertutup, tidak di kendaraan umum karena banyak orang lain yang tidak merokok menjadi terganggu dan merasa pusing.
Kenapa orang Indonesia mengunyah sirih?
  • Mengunyah sirih biasanya untuk mengurangi rasa asam atau pahit dalam mulut, mencari perhatian lain dari keadaan tertekan atau suntuk, atau sesudah makan. Sebagian orang mengatakan, bahwa mengunyah sirih adalah untuk menguatkan akar gigi, namun itu belum ada pembuktian.
Sulitkah menemukan tanaman daun sirih?
  • Tanaman daun sirih sangat mudah tumbuh dan ditemukan. Biasanya ditanam di halaman rumah penduduk serta selalu ada yang menjualnya di pasar-pasar besar maupun kecil.
  • Tanaman sirih juga untuk obat berkumur bagi yang sering menderita sariawan mulut atau untuk campuran air mandi bagi yang menderita gatal kulit.
Dimana sajakah orang Indonesia mengunyah sirih?
  • Di rumah masing-masing, ditempat kerja atau ditempat yang mereka merasa nyaman dan lazim.
  • Tidak dianjurkan untuk mengunyah sirih di jalanan, kendaraan umum , toko atau kantor karena tidak lazim.
  • Bila mengunyah sirih, sebaiknya tidak meludah di mana-mana karena menimbulkan rasa jijik bagi yang melihatnya dan kotor untuk lingkungan, oleh sebab itu diharuskan membawa kaleng atau apapun tempat ludahan yang ada tutupnya.

No comments:

Post a Comment