JAKARTA WEATHER

INDONESIAN NANTIONAL ANTHEM

INDONESIAN NANTIONAL ANTHEM
Indonesia Raya

anggota ASEAN

anggota ASEAN
association of southeast asian nations

-

Jakarta

WELCOME TO THIS SITE

this is a site which tells you about Basic Indonesian Culture and Habits
Copyright Herafi Zaskia
Penulisan tanpa gambar :
ISBN : 978-979-3541-16-7

Tuesday, June 1, 2010

5. SARUNG BAGI BANGSA INDONESIA

Sarung adalah sandang laki-laki dan perempuan Melayu, Vietnam, Myanmar, Thailand dan sebagian kecil negara Cina. Sarung adalah sopan untuk dikenakan kapan saja dan pada suasana apa saja.

Oleh sebab itu, walaupun sarung sering dikenakan untuk santai dan tidur, sarung juga dikenakan pada acara resmi, misalnya pernikahan, pertemuan warga, bersembahyang atau menghadiri pemakaman.
Bagi bangsa Asia Tenggara, Sarung sangat praktis dan cukup lebar untuk duduk dilantai bertikar atau permadani .

Sarung merupakan secarik bahan yang umumnya tenunan, batik, sutra, serat nanas atau serat tanaman lainnya dan dijahit pada sampingnya saja serta mudah dikenakan dengan digulung begitu saja pada bagian pinggangnya dan kadang juga  diikat dengan tali kain atau ikat pinggang.
Sarung yang umum dikenakan di Indonesia adalah dari bahan katun dan sutra bercorak kotak-kotak dan ditenun.

Apakah kita juga bisa mengenakan sarung yang dari katun untuk menghadiri acara resmi?
  • Sarung katun diterima untuk dikenakan dalam acara resmi, bahkan dikenakan oleh mempelai laki-laki ketika melakukan akad dan kenduri pernikahannya.
  • Pada acara resmi, kita bisa mendapatkan pilihan, apakah mengenakan sarung yang terbuat dari katun, sutra atau batik, kecuali ada dress-code yang tertulis pada undangan.
  • Sarung yang biasa dikenakan laki-laki, umumnya saat ini juga dikenakan oleh perempuan Indonesia dengan kebaya sebagai atasannya sebagai trend.
  • Sarung juga dikenakan oleh sebagian perempuan saat mereka melahirkan karena sangat nyaman dan praktis untuk keadaan baru melahirkan.
  • Di daerah tertentu, sarung juga digunakan sebagai ayun menidurkan bayi yang digantung di para atau gantungan lain yang aman.

No comments:

Post a Comment